Friday

MADIUN, JM - Sering kali kepercayaan diri hilang ketika mendapati ketiak basah karena keringat. Lebih parahnya lagi bau keringat sangat kuat hingga mengalahkan aroma parfum yang di gunakan.

Kejadian seperti ini sering kali terjadi sehingga membuat kita menghindari baju dengan warna terang, akhirnya lebih sering menggunakan baju berwarna gelap.

Keringat berlebih di ketiak bisa disebabkan oleh berbagai hal, terutama hormon dan makanan. Untuk mengatasi hal ini tidak cukup dengan memakai deodorant saja.

Berikut ini cara mencegah ketika basah dan mengeluarkan aroma tak sedap dengan bahan alami :

1. Cuka apel
Cuka apel bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ketiak basah dan bau tak sedap yang dikeluarkannya. Caranya oleskan cuka apel dengan kapas pada area ketiak sebelum mandi, biarkan hal ini selama 30 menit baru kemudian mandilah seperti biasanya.

2. Baking soda
Caranya buatlah pasta dari baking soda dan air, lalu oleskan pasta tersebut pada area ketiak dan biarkan selama 30 menit. Bilaslah dengan air dingin dan dalam jangka waktu beberapa lama keringat akan bisa dikendalikan. Jika pertama kali membuat kulit menjadi kering, tidak usah khawatir karena ini merupakan reaksi yang wajar.

3. Tepung maizena
Tepung maizena bisa dimanfaatkan sebagai bedak pada ketika untuk menyerap kelebihan keringat dan kelembaan, serta mencegah bau badan. Tapi perlu diperhatikan hindari menggunakan pakaian berwarna gelap karena akan terlihat sangat jelas.

4. Lemon
lemon berkhasiat untuk mengurangi kelembaban keringat, selain itu manfaat lainnya bisa menjadikan ketiak menjadi lebih putih dan bersih. Caranya aplikasikan sebelum mandi dan biarkan sebentar, kemudian mandilah seperti biasa.

Jika tidak ingin menggunakan bahan kimia, bahan-bahan alami diatas dapat dimanfaatkan. Selain itu agar tidak menimbulkan keringat berlebih sebaiknya menghindar dari makanan pedas dan pakailah pakaian dari bahan katun, karena bahan ini bisa menyerap keringat.(*)